Kamis, 28 Agustus 2014



STANDAR PENILAIAN HARIAN KARYAWAN
PT. ARSA CITRA PRIMA
SPBU 34.13806

     Demi terwujudnya budaya dan lingkungan kerja yang baik dan kompetitif, diperlukan Standar Penilaian Harian untuk para Pekerja. Hal ini merupakan tanggung jawab dan tugas Foreman sebagai Kepala Shift dalam menilai seluruh pekerja yang bertugas 24 jam setiap harinya.

     Pemberian nilai dalam bentuk angka sesuai bobot masing-masing elemen penilaian. Penilaian bulanan ini didapat berdasarkan catatan harian Foreman akan kinerja Karyawan baik dan buruknya setiap hari dalam 24 jam. Hasil penilaian direkapitulasi dalam satu bulan untuk mendapatkan peringkat karyawan terbaik yang menjadi dasar pembagian Insentif  Bulanan ( Reward Pertamina ).

     Kategori yang menjadi obyek penilaian tiap-tiap bagian adalah berbeda, diantaranya :

A.    FOREMAN
1.     KEJUJURAN (BOBOT 25%)
-          Melaporkan bila terdapat kelebihan/kekurangan pada setoran Operator  (20)
-          Tidak terindikasi berbuat curang / inkonstitusi (40)
-          Tidak merugikan pihak tertentu atau melangar peraturan Perusahaan, Pertamina maupun Pemerintah yang berkaitan dengan pekerjaan contohnya bekerjasama dengan pihak konsumen mengisikan BBM Subsidi di kendaraan atau tempat (jerigen, drum dan sejenisnya) yang dilarang Pemerintah. (40)

2.     SIKAP, PENAMPILAN DAN LOYALITAS (BOBOT 20%)
-          Bersikap sopan dan ramah terhadap konsumen (25)
-          Perhatian dan menghormati aturan perusahaan (20)
-          Menjalankan perintah dan instruksi atasan dengan baik (20)
-          Bersedia untuk lembur saat diperlukan (15)
-          Berpenampilan rapih dan bersih, sesuai aturan perusahaan (20)

3.     KEDISIPLINAN (BOBOT 20%)
-          Tidak terlambat  masuk kerja. (25)
-          Disiplin dalam hal kontrol kepada bawahan (25)
-          Disiplin dan konsisten menerapkan segala aturan dan S.O.P yang ada dalam segala hal. (40)
-          Menjaga Kebersihan Area Kerja (10)

4.     KUALITAS KERJA (BOBOT 35%)
-          Mampu bekerja  dengan baik, tepat, cermat dan cepat. (30)
-          Memiliki motivasi dan semangat kerja (20)
-          Memiliki Leadershift yang baik (25)
-          Managemen Stok BBM yang baik (25)

B.    Admin, Logistik dan Kasir
1.     KEJUJURAN (BOBOT 25%)
-          Melaporkan bila terdapat kelebihan/kekurangan pada setoran (60)
-         Tidak merugikan pihak tertentu atau melangar peraturan Perusahaan, Pertamina maupun Pemerintah yang berkaitan dengan pekerjaan contohnya bekerjasama dengan pihak konsumen mengisikan BBM Subsidi di kendaraan atau tempat (jerigen, drum dan sejenisnya) yang dilarang Pemerintah. (40)

2.     SIKAP, PENAMPILAN DAN LOYALITAS (BOBOT 20%)
-          Bersikap sopan dan ramah terhadap konsumen (25)
-          Perhatian dan menghormati aturan perusahaan (20)
-          Menjalankan perintah dan instruksi atasan dengan baik (20)
-          Bersedia untuk lembur saat diperlukan (15)
-          Berpenampilan rapih dan bersih, sesuai aturan perusahaan (20)

3.     KEDISIPLINAN (BOBOT 20%)
-          Tidak terlambat  masuk kerja. (25)
-         Disiplin dalam hal waktu istirahat sesuai dengan ketentuan kerja dan menginformasikan kepada Atasan (25)
-          Disiplin dan konsisten menerapkan segala aturan dan S.O.P yang ada dalam segala hal. (40)
-          Menjaga Kebersihan Area Kerja (10)

4.     KUALITAS KERJA (BOBOT 35%)
-          Mampu bekerja  dengan baik, tepat, cermat dan cepat. (35)
-          Memiliki motivasi dan semangat kerja (20)
-          Tidak ada kurang setoran (20)
-          Kesigapandan kecepatan mempersiapkan uang untuk setoran ke bank (25)



C.    Cleaner
1.     KEJUJURAN (BOBOT 25%)
-          Pengembalian yang pas dan langsung diberikan tanpa diminta (40)
-          Melaporkan bila terdapat kelebihan yang tidak wajar (20)
-         Tidak merugikan pihak tertentu atau melangar peraturan Perusahaan, Pertamina maupun Pemerintah yang berkaitan dengan pekerjaan contohnya bekerjasama dengan pihak konsumen mengisikan BBM Subsidi di kendaraan atau tempat (jerigen, drum dan sejenisnya) yang dilarang Pemerintah. (40)

2.     SIKAP, PENAMPILAN DAN LOYALITAS (BOBOT 20%)
-          Bersikap sopan dan ramah terhadap konsumen (25)
-          Perhatian dan menghormati aturan perusahaan (20)
-          Menjalankan perintah dan instruksi atasan dengan baik (20)
-          Bersedia untuk lembur saat diperlukan (15)
-          Berpenampilan rapih dan bersih, sesuai aturan perusahaan (20)

3.     KEDISIPLINAN (BOBOT 20%)
-          Tidak terlambat  masuk kerja. (25)
-         Disiplin dalam hal waktu istirahat sesuai dengan ketentuan kerja dan menginformasikan kepada Atasan (25)
-          Disiplin dan konsisten menerapkan segala aturan dan S.O.P yang ada dalam segala hal. (40)
-          Menjaga Kebersihan Area Kerja (10)


4.     KUALITAS KERJA (BOBOT 35%)
-          Mampu bekerja  dengan baik, tepat, cermat dan cepat. (40)
-          Memiliki motivasi dan semangat kerja (20)
-        Memiliki inisiatif dalam bekerja (membantu rekan kerja dan kesigapan membersihkan area / lokasi kotor) (20)
-          Hasil pekerjaan baik dan sempurna (20)

D.    Operator
1.     KEJUJURAN (BOBOT 25%)
-          Pengembalian yang pas dan langsung diberikan tanpa diminta (40)
-          Melaporkan bila terdapat kelebihan yang tidak wajar (20)
-          Tidak merugikan pihak tertentu atau melangar peraturan Perusahaan, Pertamina maupun Pemerintah yang berkaitan dengan pekerjaan contohnya bekerjasama dengan pihak konsumen mengisikan BBM Subsidi di kendaraan atau tempat (jerigen, drum dan sejenisnya) yang dilarang Pemerintah. (40)

2.     SIKAP, PENAMPILAN DAN LOYALITAS (BOBOT 20%)
-          Bersikap sopan dan ramah terhadap konsumen (25)
-          Perhatian dan menghormati aturan perusahaan (20)
-          Menjalankan perintah dan instruksi atasan dengan baik (20)
-          Bersedia untuk lembur saat diperlukan (15)
-          Berpenampilan rapih dan bersih, sesuai aturan perusahaan (20)



3.     KEDISIPLINAN (BOBOT 20%)
-          Tidak terlambat  masuk kerja. (25)
-      Disiplin dalam hal waktu istirahat sesuai dengan ketentuan kerja dan menginformasikan kepada Atasan, Advisor / Foreman (25)
-          Disiplin dan konsisten menerapkan segala aturan dan S.O.P yang ada dalam segala hal. (40)
-          Menjaga Kebersihan Area Kerja (10)

4.     KUALITAS KERJA (BOBOT 35%)
-          Mampu bekerja  dengan baik, tepat, cermat dan cepat. (20)
-          Mampu melayani konsumen dengan 3 (tiga) nozzle sekaligus dengan baik (20)
-          Menjalankan SOP Pelayanan dan 3 S (Senyum Salam Sapa) (20)
-          Memiliki motivasi dan semangat kerja (15)
-          Memiliki inisiatif dalam bekerja (membantu rekan kerja dan mengatur antrian) (15)
-          Tidak terdapat kurang setor penjualan (10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar