Kamis, 28 Agustus 2014




S.O.P PELAYANAN OPERATOR

a.     Melaksanakan dengan baik 3 S Pas (Senyum, salam, sapa) kepada setiap konsumen.
b.     Melaksanakan Pemanduan kendaraan dengan baik.
c.     Mengucapkan Sapa sambil mengatupkan kedua tangan kepada konsumen.
d.     Menawarkan produk bbm dan menanyakan jumlah Pengisian
e.     Konfirmasi Produk bbm dan jumlah pembelian.
f.    Menunjukan angka nol sebelum pengisian dengan mengangkat tangan pada display  serta memastikan agar konsumen melihatnya.
g.     Menawarkan Fasilitas pengisian angin, air radiator dan lain-lain.
h.     Menunjukan uang pembayaran kepada konsumen
i.      Memastikan kepada konsumen ketika telah selesai pengisian bahwa telah selesai dengan jumlah atau harga yang diinginkan.
j.      Menunjukan dan menyebutkan dengan jelas uang pengembalian kepada konsumen.
k.     Mengembalikan uang kembalian dengan pas dan benar.
l.      Memberikan Bon / tiket printer bagi konsumen yang mememintanya.
m.   Setelah transaksi selesai, Operator sambil mengatupkan kedua tangan mengucapkan “terimakasih telah membeli BBM di SPBU Pertamina / telah mengisi Pertamax / Pertamina Dex” dan “Selamat jalan”.
n.   Tugas kerja bagi operator piket sepenuhnya barada dalam wewenang Foreman, dan harus selalu siap sedia membantu tugas-tugas Foreman.

     STANDAR KERJA TAMBAHAN

a.     Membuka dan menutupkan tutup tangki mobil konsumen.
b.     Meletakan tutup tangki mobil konsumen pada tempat yang tersedia di dispenser.
c.     Memastikan sisa / tirisan BBM sudah habis tertuang pada tangki kendaraan konsumen.
d.     Merapihkan selang dispenser pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar